Image

Kuliah di Facebook apakah merupakan suatu Inovasi dalam dunia Pendidikan???

DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN

LAPORAN HASIL ANALISIS SURVEI PENDAPAT

 A.    PENDAHULUAN

I.       Latar Belakang 

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membawa dampak pada perubahan pola pemakain media teknologi ini sebagai sarana untuk mengekpresikan diri seseorang baik di gunakan sebagai ajang komunikasi samapai menghibur diri mereka sendiri. Salah satunya adalah Internet yang kini mulai banyak melahirkan Media Sosial untuk disajikan kepada para konsumenya seperti Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi itu, hampir semua pembaca media massa konvensional mengalami penurunan. Namun sebaliknya pembaca media online mengalami kenaikan.  Di sisi lain, perkembangan teknologi itu juga memungkinkan masyarakat untuk menjadi produsen informasi bukan sekedar konsumen. Yang menjadikan semuanya sebagai inovasi baru bagi perubahan peradabpan manusia untuk kedepanya.

Begitu pula dengan hasil survey yang akan saya sajikan kepada anda semua tentang Forum Diskusi Facebook mata kuliah DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN. Apakah hal ini semua bisa dikatakan sebagai suatu inovasi bagi para penggunanya?, ataukah sebaliknya apakah hal ini merupakan sesuatu yang biasa saja di kalangan para pengguna social media.

II.                 Pertanyaan Survei

“Apakah Forum Group Discussion IDP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?”. Kalau Anda jawab “YES”, atau “NO” atau “YES & NO”, berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth”

pertanyaan setelah survey:

– Hitung dan tabulasi berapa jumlah yang “aktif” (menjawab) serta berapa yang “pasif” (tidak menjawab)!

– Hitung dan tabulasi dari yang mahsiswa yang aktif dan berapa yang memilih “YES”, “NO”, dan “YES & NO”!

– Kategorisasi/klasifikasi serta hitung frekuensinya. Misalnya yg memilih “YES”, “NO”, “YES&NO”, apa saja alasan, dan hitung yang alasan yang sama!

 

III.                Tujuan

“Survey ini bertujuan untuk mengetahuai jawaban dari Mahasiswa (Responden) apakah forum diskusi pada gruup DIP ini merupakan suatu inovasi atau bukan yang mengacu kepada teori Reigeluth dan Rogers.”

 IV.               Manfaat

“Bermanfaat untuk mengetahui seberapa  besar pemanfaatan Facebook sebagai inovasi untuk sarana pembelajaran  bagi mahasiswa.”

 V.                 Responden Survei

semua mahasiswa yang mengikuti kuliah DIP Reguler 2011 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta berjumlah 39 orang.

 VI.               Teknik Survei

Teknik survey yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari hasil jawaban responden grup DIP , berdasarkan keaktifan mahasiswa, serta jawaban mahasiswa kemudian dikelompookan berdasarkan jawaban mereka masing-masing.

B.    HASIL SURVEI

Difusi Inovasi Pendidikan

Hasil Analisis Survei Pendapat di Grup Facebook Kelas Reguler

Tanggal 13 April 2013, Pukul 13.12 WIB

 

  1. Hitung dan tabulasi berapa jumlah yang “ngoceh” (menjawab) serta berapa yang “bengong” (tdk menjawab) !

jawab :

Jumlah Mahasiswa yang terdaftar di forum DIP Kelas Reguler berjumlah 39 Mahasiswa

Data Keaktifan Mahasiswa Dalam Menjawab Forum Diskusi

Tanggal 13 April 2013 , Sampai Pukul 13.12 WIB

TAB 1

TAB 2 TAB 3 TAB 4

Data Mahasiswa Yang Menjawab Sampai Pukul 13.12 WIB

2. Hitung dan tabulasi dari yang “nyerocos” itu, berapa yang memilih “YES”, “NO”, dan “YES & NO”.

“Data Keaktifan Mahasiswa Dalam Menjawab  “YES”, “NO” DAN “YES’ &”NO” Dalam Forum Diskusi”

Tanggal 24 Maret 2013 , Sampai Pukul 14.15 WIB

TAB 5

TAB 6

TAB 7

3.  Kategorisasi/klasifikasi serta hitung frekwensinya. Misalnya yg memilih “YES”, apa saja alasan, dan hitung yang alasan yang sama.

Jawab :

Data Keaktifan Mahasiswa Dalam Menjawab Forum Diskusi

Tanggal 13 APRIL 2013 , Sampai Pukul 13.12 WIB

KATEGORI ALASAN JAWABAN

TAB 8

TAB 9

TAB 10

TAB 11

C.    PEMBAHASAN

  • Why

Berdasarkan dari data diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa responden ( mahasiswa) yang menjawab kategori “YES & NO” beranggapan bahwa forum diskusi ini merupakan sesuatu hal yang baru bagi mereka, namun hal ini sifatnya tidak berkelanjutan karena mereka beranggapan setelah mereka mengambil mata kuliah ini selesai dan terlampaui, maka mereka akan meninggalkan forum diskusi tersebut. Jika di analisis pendapat mereka di kuatkan dengan pendapat rogers sehingga mereka memilih jawaban “ YES & NO”.

Sedangkan responden yang menjawab “YES” beranggapan bahwa forum diskusi ini hal yang baru menurut dia. Mengacu kepada teori Rogers dan Rigeluth syarat-syarat yang mereka katakan sudah ada dalam forum diskusi di kali ini. Semakin meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam belajar, mampu menguatkan pendapat masing-masingg responden, menerima umpan balik yang cepat dan membawa perubahan kepada diri responden masing-masing.

  • What effect

Dampak apa yang diitimbulkan dari forum diskusi ini ?.

Tentu saja banyak terjadi perbedaan pendapat yang dilontarkan oleh mahasiswa-mahasiswa “pro” yang saling menguatkan opini responden masing-masing karena mereka memiliki argument yang di kuatkan oleh pernyataan para ahli.  Sebenarnya pilihan mereka tidak ada yang salah karena panjang lebarnya argument mereka secara tidak sadar telah membantu dalam terciptanya suatu inovasi, dan secara tidak sadar mereka menjadi salah satu agen perubahan bagi terciptanya iinovasi yang baru. Yaitu dengan menjadikan forum diskusi DIP di facebook ini sebagai sarana untuk belajar mahasiswa.

  • How

Pendapat dan argument yang di lontarkan oleh responden sudah sangat analisis, kuat dan kongkret. Namun hal ini semakin banyak melahirkan opini-opini baru yang pada akhirnya akan semakin runyam untuk di telaah dan nyatakan kebenaranya, tidak ada ujung pangkal dari permasalahanya.

Oleh karena itu sebaiknya untuk menyamakan persepsi antara argument satu dengan yang lainya mungkin harus di bicarakan , dirembukan kembali dengan menambah berbagai sumber-sumber yang ada sehingga mendapatkan titik temu dari argument – argument para responden. Agar bisa di katakan bahwa inovasi forum diskusi ini merupakan inovasi atau bukan , yang memiliki sifat berkelanjutan serta menyeluruh atau tidak .

D.    KESIMPULAN

Dilihat dari hasil survey, responden yang menjawab “YES&NO” lebih mendominasi daripada “YES”,dan “NO”, jadi dapat disimpulkan, bahwa forum diskusi DIP yang dilakukan dii facebook kali ini merupakan inovasi. Mengacu kepada teori Rogers dan Rigeluth syarat-syarat yang mereka katakan sudah ada dalam forum diskusi di kali ini. Semakin meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam belajar, mampu menguatkan pendapat masing-masingg responden, menerima umpan balik yang cepat dan membawa perubahan kepada diri responden masing-masing. Dan yang sangat terpenting adalah secara tidak sadar saya maupu mahasiswa yang lainya mereka sudah menjadi bagian dari agen perubahan untuk inovasi yang sudah di ciptakan yang pada akhirnya berdampak atau berpengaruh kepada orang lain.

Demikian kesimpulan saya , kurang lebihnya mohon dimaafkan

Wassalamualaikum wr,wb.

E.     DAFTAPUSTAKA

https://www.facebook.com/groups/148808011944450/

Achmad Kurniawan

1215110106

Teknologi Pendidikan REG 2011

DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s